Teknologi Informasi Pertanian

Teknologi Informasi Dalam Pertanian

Menurut saya Teknologi informasi adalah suatu komonikasi antara satu orang dengan yang lainnya agar tidak ada kesenjangan sosial diantara manusia, dengan adanya teknologi informasi maka manusia satu dengan lainya bisa saling menginformasikan sesuatu yang belum diketahui, sehingga seseorang yang awalnya tidak mengetahui informasi yang belum diketahuinya maka dengan cepat dia akan mengetahui informasi tersebut. Teknologi informasi sangat luas pengertiannya, karena setiap orang berbeda-beda dalam mendefinisikan apa itu Teknolgi Informasi?

Dalam pertanian sangat dibutuhkan teknologi informasi, karena di zaman sekarang tidak ada yang tidak menggunakan teknologi. Mengapa dala pertanian perlu diadakan adanya teknologi pertanian? Karena dalam pertanian sangat dibutuhkan komunikasi antara produsen dan konsumen agar suatu proses dalam pertanian bisa berjalan dengan lancar, misalnya saat kita akan menjual sebuah komoditas pertanian kita tidak usah capek-capek pergi ke Pasar Induk atau yang lainnya cukup dengan Hp/telpon maka semua masalah bisa teratasi, contoh yang lain adalah ketika kita membutuhkan pupuk kebetulan  pada saat itu pupuk sedang langka dengan adanya teknologi informasi kita bisa mencari kemanapun cukup dengan sebuah media seperti telpon atau Internet.

Sejak menggunakan teknologi sebagai media informasi bagi petani, aktivitas penyuluhan pertanian menajadi berubah. Selain dari informasi yang disampaikan menarik yang dapat menumbuhkan motivasi juga kegiatan banyak dilakukan langsung oleh petani itu sendiri sehingga menimbulkan kedisiplinan terhadap diri petani itu sendiri.

Seiring dengan peningkatan kualitas sumber daya petani dan pelaku pertanian serta kemajuan tekonologi informasi dan komunikasi serta pertimbangan efektivitas dan efisiensi penyebarluasan informasi, salah satu solusi yang ditawarkan dalam rangka mengatasi persoalan transfer teknologi dan pengetahuan pertanian adalah pemanfaatan information and communication technologies (ICTs) yang untuk penyuluhan pertanian dikenal dengan sebutan “cyber extension” yang merupakan penggunaan jaringan on-line, computer dan digital interactive multimedia untuk memfasilitasi diseminasi teknologi pertanian.

(litbang.deptan)

Referensi: Koleksi Artikel

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: